Renstra

  • Dibaca: 387 Pengunjung

Latar Belakang

Sesuai amanat pasal 7 Undang Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang Sistem Perancanaan Pembangunan Nasional. Renstra-SKPD memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah serta berpedoman kepada RPJM Daerah dan bersifat indikatif. Setiap tahun Renstra-SKPD dijabarkan dalan rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renja-SKPD) yang disusun dengan berpedoman kepada Renstra SKPD dan mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah. Renja-SKPD memuat kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan baik yang dilaksanakan langsung oleh Pemerintah Daerah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.

Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Klungkung periode 2014- 2018 yang dijabarkan  dalam RPJMD Kabupaten Klungkung tahun 2014 – 2018 yaitu ”KLUNGKUNG YANG UNGGUL DAN SEJAHTERA”. Untuk mewujudkan visi tersebut, maka ada beberapa misi yang harus dijalankan yaitu :

1.            Penguatan dan peningkatan eksitensi adat budaya Bali

2.            Meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Kabupaten Klungkung

3.            Peningkatan kesejahteraan sosial melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat.

4.            Meningkatkan perekonomian yang berbasis kerakyatan dengan mengedepankan konsepsi kemitraan.

5.            Terciptanya kepastian hukum agar terwujud ketentraman dan ketertiban masyarakat.

6.            Mewujudkan pemerintahan y6ang baik berdasarkan good coorporate governance.

7.            Pengembangan jasa layanan kepada masyarakat yang lebih baik.

8.            Mewujudkan pembangunan daerah yang selaras dan seimbang.

9.            Pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup dalam pemanfaatannya yang berkelanjutan.

10.       Penyediaan sarana dan prasarana wilayah yang mengakomodir perkembangan wilayah dan kebutuhan masyarakat.

11.       Penguatan stabilitas politik dan keamanan di seluruh wilayah kabupaten klungkung.

Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah Kabupaten Klungkung Tahun 2014 -2018 dijabarkan oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah dengan menyusun Rencana Srategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra-SKPD) Tahun 2014 – 2018.RPJMD Kabupaten Klungkung tahun 2014-2018merupakan satu bagian yang utuh dari manajemen kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung, khususnya dalam menjalankan agenda pembangunan yang telah tertuang baik dalam RPJP Daerah Kabupaten Klungkung maupun RTRW Kabupaten Klungkung, serta dijadikan pedoman bagi SKPD untuk menyusun Renstra SKPD”. Kecamatan sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten dalam pelaksanaan tugasnya memperoleh pelimpahan sebagian wewenang Bupati untuk menangani sebagian urusan Otonomi Daerah. Selain tugas tersebut, Camat juga menyelenggarakan tugas umum pemerintahan meliput:

a.     mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat ;

b.     mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan keteriban umum ;

c.      mengkoordinasikan penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan ;

d.     mengkoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum ;

e.      mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan ;

f.       membina penyelenggaraan pemerintahan desa

g.     melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan.

Sehubungan dengan hal dimaksud, Kecamatan Banjarangkan berkewajiban menyusun Rencana Strategis berdasarkan skala prioritas kegiatan pembangunan yang dapat direalisasikan sesuai dengan potensi dan kemampuan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Klungkung.

 

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 

Visi dan Misi                       

Visi adalah suatu gambaran yang menantang, tentang keadaan masa depan berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh suatu instansi.

Visi Kecamata Banjarangkan adalah : “ Terwujudnya Pelayanan Prima Di Kecamatan Banjarangkan Menuju Masyarakat  Yang Unggul dan Sejahtera Tahun 2018”.

 Untuk Mewujudkan Visi tersebut perlu merumuskan misi Kecamatan Banjarangkan sebagai berikut :

-         Menyelengarakan tugas umum pemerintahan dalam koordinasi, pembinaan dan pelayanan kemasyarakatan

-         Menyelenggarakan pelaksanaan pelimpahan wewenang oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.

 

Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah

Untuk mengimplementasikan misi tersebut maka disusun Tujuan stratejik serta sasaran jangka menengah sebagai berikut :

Tujuan

-         Terselenggaranya tugas umum pemerintahan dalam koordinasi pembinaan dan pelayanan masyarakat.

-         Terselenggaranya pelaksanaan pelimpahan wewenang oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah

 

 

Sasaran :

-         Meningkatnya kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa

-         Meningkatnya kualitas pelayanan

 

Strategi dan Kebijakan

Strategi yang akan dilakukan adalah mengoptimalkan kekuatan internal yang sudah ada, kemudian akan meminimalisir faktor kelemahan internal, aplikasi reward and funisment, penyesuaian terhadap tuntutan masyarakat dalam pelayanan publik. Bahkan dipihak lain mencari solusi terhadap ancaman masa depan.

Dari gambaran tersebut disusunlah strategi dan kebijakan yang akan dilaksanakan

Strategi :

1.     optimalisasi pengawasan, pengendalian internal, dan pengkoordinasian tugas pokok dan fungsi;

2.     pemenuhan kebutuhan dalam pelayanan administrasi perkantoran sebagai penunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi SKPD;

3.     peningkatan dan optimalisasi sarana dan prasarana sebagai penunjang pelayanan prima;

4.     peningkatan professionalisme aparatur sesuai tuntutan kebutuhan pemenuhan SDM yang handal.

 

Kebijakan :

1.     Pola kemitraan pemerintah dan masyarakat dalam pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan;

2.     Peningkatan kualitas pelayanan prima bidang administrasi perkantoran;

3.     Efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan yang transparan dan bertanggungjawab yang tersaji dalam suatu proses manajemen;

4.     Pemenuhan kebutuhan sarana parasarana dalam penunjang sistem pelayanan prima;

5.     Mengembangkan potensi kemampuan personil sesuai bidang tanggungjawabnya serta penerapan reward dan funishment terhadap prestasi yang terukur.

 

 

 
INDIKATOR KINERJA SKPD YANG MENGACU PADA TUJUAN DAN SASARAN RPJMD
                                     
Instansi   : Kecamatan Banjarangkan                            
Tugas   : Melaksanakan Tugas Umum Pemerintahan di Kecamatan                      
Fungsi   : Mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan ketentraman dan keteriban umum, penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan, pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum, penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan, membina penyelenggaraan pemerintahan desa, dan melaksanakan pelayanan masyarakat.
     
                                     
No Urusan Sasaran Strategis Program Indikator Kerja Program (outcame) Kondisi Kinerja awal (2012) Capaian Kinerja Program dan Kerangka Pendanaan (dalam jutaan rupiah) Target Akhir RPJMD
2014   2015 2016 2017 2018
Target  Rp Target  Rp Target  Rp Target  Rp Target  Rp Target  Rp
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18
1 WAJIB                                                                        PEMERINTAHAN UMUM                                           KANTOR CAMAT BANJARANGKAN   Terwujudnya tata kelola pemerintahan yang profesional, transparan,akuntabel, partisipatif serta memiliki kredibilitas dan bebas KKn melalui tata pemerintahan yang efektif, efisien dan bersih. Pelayanan Administrasi Perkantoran Persentase rata-rata capaian indikator output kegiatan sebesar 95 % 100% 100%     334,07 100%   225,48 100%  257,22 100%  292,65 100%  332,11 100% ######
2 sda   sda Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur Persentase terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana 85% 87%     187,26 90%   205,99 92%  226,58 94%  249,24 95%  274,17 95% ######
3 sda   Terwujudnya pelayanan publik masayarakat dan pelayanan prijinan yang terpadu melalui p0embangunan one stop service perijinan dan pelayanan publik di kabupaten klungkung Penataan Daerah Otonomi Baru Tertib Batas Wilayah Administrasi Kecamatan Banjarangkan 50% 100%     146,24 100%     20,00 100%    22,00 100%    25,00 100%    27,00 100%    240,24
                                     
4 sda   Meningkatnya pelayanan aparatur pemerintah kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan yang mampu menerapkan prinsip-prinsip pemerintahnyang baik(good ande clean govermance) yaitu profesional, tranmsparan, akuntabel, partisipatif serta memiliki kredibilitas dan bebas KKN Penataan Administrasi Kecamatan Persentase Desa yang melaksanakan ADD sesuai pedoman 20% 25%       62,83 50%     83,00 60%    93,00 75%  105,00 100%  118,00 100%    461,83
5 sda   sda Peningkatan Pelayanan Kedinasan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah angka gangguang kamtibmas saat hari raya  0 0       11,34 0     14,00 0    15,00 0    16,00 0    17,00 0      73,34
6 sda   Meningkatkan kualitas arah pembangunan melalui perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang serta penggunaan lahan sesuai dengan RTRW Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat Kecamatan Persentase usulan yang terakomodir dalam RKPD 50% 50%       19,25 50%     20,00 50%    22,00 50%    24,00 50%    27,00 50%    112,25
7 sda   Terwujudnya pelayanan publik masayarakat dan pelayanan prijinan yang terpadu melalui p0embangunan one stop service perijinan dan pelayanan publik di kabupaten klungkung pengembangan otonomi daerah Persentase pelayanan yang diselesaikan dalam waktu yang ditentukan - -  -  100%     25,00 100%    25,00 100%    25,00 100%    25,00 100%    100,00
8 URUSAN WAJIB KEPEMUDAAN DAN OLAH RAGA   Meningkatnya prestasi olah raga dengan pemberian intensif beasiswa sekolah dan jaminan kerja bagi atlet. Pembinaan dan Pemasyarakatan olah raga Jumlah  cabang olah raga yang aktif - -  -  1     10,00 1    10,00 1    10,00 1    10,00 4      40,00
9 sda   meningkatnya kesehatan kesegaran jasmani masyarakat melalui pengembangan 4 pusat kegiatan olah raga masyarakat Peningkatan/pengembangan  Sarana dan Prasarana Olah Raga  Terpenuhinya kebutuhan penggunaan lapangan 12 bulan  100% 100%     100,00 100%     41,00 100%    46,00 100%    50,00 100%    55,00 100%    292,00
10 URUSAN WAJIB KESEHATAN   Meningkatnya kualitas masyarakat hingga 50 % kondisi saat ini Pencegahan dan penanggulangan penyakit menular capaian Angka bebas jentik 95 %       100%     25,00 100%    25,00 100%    25,00 100%    25,00 100%    100,00
11 sda   sda Upaya kesehatan masyarakat Persentase jumlah desa siaga yang katif 100% 100%  -  100%     25,00 100%    25,00 100%    25,00 100%    25,00 100%    100,00
12 URUSAN WAJIB PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK   Terwujudnya penjaminan hak-hak perempuan, anak dan lansia untuk mendapatkan perlindungan dan pelayanan fasilitas umum Keseraian Kebijakan Peningkatan Kualitas Anak dan Perempuan Persentase posyandu yang aktif - -  -  100%     25,00 100%    25,00 100%    25,00 100%    25,00 100%    100,00
13 URUSAN WAJIB SOSIAL   Meningkatnyakualitas dan efektifitas usaha kesejahteraan sosial masyarakat menjadi 40% dalam waktu 50 tahun mendatang Pemberdayaan fakir miskin, komunitas adat terpencil (KAT), dan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) lainnya Persentase Terfasilitasinya pemenuhan kebutuhan PMKS di Kec. - -  -  100%      5,00 100%      6,00 100%      7,00 100%      8,00 100%      26,00
14 URUSAN WAJIB KESATUAN BANGSA DAN POLITIK DALAM NEGERI   Meningkatnya jenis layanan yang diberikan kepada masyarakat Pencegahan dini dan penanggulangan korban bencana alam Persentase Terfasilitasinya kegiatan penanggulangan bencana 100% -  -  100%      8,00 100%      9,00 100%    10,00 100%    11,00 100%      38,00
15 sda   Peningkatan Peran dan Fungsi Lembaga Kemasyarakatan. Peningkatan / Pengembangan Wawasan Kebangsaan Terselenggaranya peringatan hari-hari besar nasional dan daerah 2 kali  100% 100%       76,79 100%     66,00 100%    73,00 100%    80,00 100%    88,00 100%    383,79
16 Urusan Wajib Lingkungan Hidup   Mningkatnya sarana dan prasarana umum melalui penyediaan 50% sarana dan prasarana wilayah dalam tempo 5 tahun Program Pengelolaan Persampahan Terbentunya Kelompok peduli sampah 1 -  -  1      5,00 1      5,00 1      5,00 1      5,00 5      20,00
17 Urusan Wajib Pendidikan   Meningkatnya akses dan mutu pendidikan bagi masyarakat dan kualitas manajemen pelayanan pendidikan Program Manajemen Pelayanan Pendidikan Persentase Kesiapan sekolah untuk mengikuti lomba UKS sesuai kebutuhan 100% 100%         6,00 100%      2,80 100%      3,10 100%      9,00 100%      3,70 100%      24,60
18 Urusan Pilihan Pertanian   Meningkatnya pendapatan petani, peternak dan nelayan menjadi 170% dari kondisi saat ini dalam waktu 5 tahun mendatang Peningkatan Produksi Hasil Peternakan Terpenuhinya kelompok peserta lomba - -  -  100%      6,00 100%      7,00 100%      8,00 100%      9,00 100%      30,00
19     Terwujudnya pemberdayaan dan peningkatan peranserta masyarakat dalam pengawasan sumberdaya perikanan dan kelautan Pengembangan budidaya perikanan Terpenuhinya kelompok peserta lomba - -  -  100%      6,00 100%      7,00 100%      8,00 100%      9,00 100%      30,00
Rencana Program, Kegiatan, Indikator Kinerja, Kelompok Sasaran, Dan Pendanaan
                                                     
Tujuan sasaran Indikator Sasaran Kode Program dan Kegiatan Indikator Kinerja Program (Outcome) dan Kegiatan (output) Data capaian pada tahun awal perencanaan (Tahun 2012) Target Kinerja Program dan Kerangka Pendanaan unit lokasi     
Tahun 2014   Tahun 2015   Tahun 2016   Tahun 2017   Tahun 2018   Kondisi Kinerja pada akhir periode rensta        
Target Rp Target Rp Target Rp Target Rp Target Rp Target Rp        
Terselenggaranya tugas umum pemerintahan dalam koordinasi, pembinaan, dan pelayanan masyarakat Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan desa Jumlah Desa Tertib Administrasi 1 20   1   Pelayanan Administrasi Perkantoran Persentase rata-rata capaian indikator output kegiatan 95 % 100% 100%   334,070 100%  225,48 100%  257,22 100%  293,66 100%  332,11 100%   1.442,54 Kec Banjarangkan      
  1 20   1 1 Penyediaan jasa surat menyurat Persentase tersedianya jasa surat menyurat 100% 100%       3,375 100%       2,00 100%       2,50 100%       4,93 100%       7,00 100%         19,81 Kec Banjarangkan      
    1 20   1 2 Penyediaan jasa komunikasi sumber daya air dan listrik Jumlah bulan terpenuhinya jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik 100% 12 bln     35,268 12 bln     35,00 12 bln     36,00 12 bln    40,00 12 bln     50,00 60 bln      196,27 Kec Banjarangkan      
      1 20   1 7 Penyediaan jasa administrasi keuangan  Jumlah bulan laporan keuangan dan kinerja tepat waktu 100% 12 bln     67,700 12 bln     20,00 12 bln     20,00 12 bln    25,00 12 bln     30,00 60 bln      162,70 Kec Banjarangkan      
      1 20   1 10 Penyediaan alat tulis kantor Persentase pemenuhan kebutuhan ATK 100% 100%     14,189 100%       7,48 100%       8,00 100%    11,40 100%     17,11 100%         58,18 Kec Banjarangkan      
      1 20   1 11 Penyediaan barang cetakan dan penggandaan Persentase pemenuhan kebutuhan cetakan dan penggandaan 100% 100%       9,930 100%       5,00 100%       6,00 100%    10,00 100%     13,00 100%         43,93 Kec Banjarangkan      
      1 20   1 12 Penyediaan komponen instalasi listrik dan penerangan bangunan kantor Tersedianya lampu penerangan kantor 100% 100%       2,112 100%       1,00 100%       1,00 100%       2,00 100%       3,00 100%           9,11 Kec Banjarangkan      
      1 20   1 13 Penyediaan peralatan dan perlengkapan kantor Tersedianya peralatan dan perlengkapan kantor 100% 100%     45,100 100%     20,00 100%     25,40 100%    37,37 100%     45,00 100%      172,87 Kec Banjarangkan      
      1 20   1 16 Penyediaan bahan logistik kantor Persentase pemenuhan sesajen 100% 100%     24,360 100%     20,00 100%     26,00 100%    28,00 100%     30,00 100%      128,36 Kec Banjarangkan      
      1 20   1 17 Penyediaan makanan dan minuman Jumlah pelaksanaan rapat 100% 12 kali     15,840 12 kali      16,00 12 kali      17,32 12 kali     19,96 12 kali      22,00 60  kali         91,12 Kec Banjarangkan      
      1 20   1 18 Rapat rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah Laporan pelaksanaan tugas 100% 3     25,990 3     10,00 3     26,00 3    26,00 3     26,00 3      113,99 Kec Banjarangkan      
      1 20   1 19 Penyediaa jasaa tenaga pendukung administrasi/teknis perkantorn Jumlah bulan tersedianyatenaga harian daerah dan kontrak 100% 12 bln     89,205 12 bln     89,00 12 bln     89,00 12 bln    89,00 12 bln     89,00 60 bln      445,21 Kec Banjarangkan      
                                                     
      1 20   2   Peningkatan sarana dan prasarana aparatur Persentase terpenuhinya sarana dan prasarana 85% 87%     187,26 90%  205,99 92%  226,58 94%  249,24 95%  274,17 95%   1.143,24 Kec Banjarangkan      
      1 20   2 5 Pengadaan kendaraan dinas operasional Jumlah sepeda motor 0 2 unit     33,000 2 unit     33,00 2 unit     34,00 2 unit    35,00 1 unit     35,00 9 unit      170,00 Kec Banjarangkan      
      1 20   2 22 Pemeliharaan rutin berkala gedunng kantor Pemenuhan peralatan kebersihan  100% 100%     39,776 100%     45,00 100%     70,58 100%    75,24 100%     94,17 100%      324,77 Kec Banjarangkan      
      1 20   2 24 Pemeliharaan rutin berkala kendaraan dinas /operasional Jumlah bulan kendaraan dinas dalam kondisi siap pakai 100% 12 bln     98,183 12 bln  110,99 12 bln  102,00 12 bln  117,00 12 bln  120,00 60 bln      548,17 Kec Banjarangkan      
      1 20   2 26 Pemeliharaan rutin /berkala perlengkapan gedung kantor Jumlah bulan perlengkapan kantor yang dalam kondisi baik 100% 12 bln     16,300 12 bln     17,00 12 bln     20,00 12 bln    22,00 12 bln     25,00 60 bln      100,30 Kec Banjarangkan      
                                                     
      1 20   16   Program peningkatan p
  • Dibaca: 387 Pengunjung
Kontak Kami
Statistik Pengunjung
051321
Pengunjung
Hari ini: 52
Minggu ini: 174
Bulan ini: 684

Total pengunjung: 21.804
Online: 1


Media Sosial